Minggu, 24 Januari 2010

Menginstall Paket Samba di Fedora 12

Coba-coba nih dengan distro yang satu ini. Kalau seumpamanya, Direktur Akademik saya membaca artikel ini, mungkin beliau ketawa saja karena beliau itu suhu Linux terutama turunan Red Hat (worship). Saya belajar banyak dari beliau meskipun saya sendiri tentu masih banyak kekurangan. Masih dasar banget ilmunya.
Kali ini agak berbeda dari biasanya. Terutama karena saya memakai Fedora 12 yang biasanya setia dengan Ubuntu. Yap, sperti tagnya, saya akan mencoba mengistal paket Samba ini di komputer Fedora saya.

1. Masuklah terminal dan login sebagai root
2. Installah paket Samba dengan perintah:

# yum -y install samba



3. Setelah instalasi selesai, editlah konfigurasi samba

# gedit /etc/samba/smb.conf


4. Lakukan editing sesuai kebutuhan, kemudian restart service samba

# service smb restart


*Kira-kira untuk opsi pada file konfigurasinya hampir sama dengan Ubuntu. Baca artikel sebelumnya tentang Samba ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar