Selasa, 12 Januari 2010

Membuat Linux Live USB (1)

Kemarin, pas mata kuliah Organisasi Komputer ada yang bertanya. Pertanyaannya tersebut adalah tanggapan dari sebuah presentasi yang dilakukan mahasiswa tentang Perangkat Eksternal Komputer. Pertanyaannya adalah, bisakah USB Flashdisk dipakai untuk menginstal Sistem Operasi? Pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab oleh mahasiswa tersebut. Akhirnya, saya yang mewakili kelompok saya berusaha menjawabnya. Bisa. Tentu bisa sebuah USB Flash dipakai untuk menginstalkan Sistem Operasi.
Mungkin dari kita pernah membuka situs: Pendrivelinux. Disana kita bisa tahu cara maupun langkah-langkah untuk membuat sistem operasi Linux diinstall ke USB dan memakainya untuk live USB. Salah satu software yang dipakai mungkin adalah UNetBootin. Aplikasi ini bisa berjalan di platform Windows maupun Linux.
Untuk instalasi di Windows,tidak akan saya jelaskan mendetail sebab instalasinya cukup mudah. Untuk sistem operasi Linux, pastikan kita mendownload yang versi linux.

1. Downloadlah UNetBootin
2. Instalkan juga paket p7zip-full dan mtools

#sudo apt-get install p7zip-full
#sudo apt-get install mtools

3. Setelah UNetBootin terdownload, kemudian ekstraklah file .zip tersebut. Taruh hasil ekstrak tadi di directory yang aman. Seumpamanya /home/User/Documents
4. Kemudian, buka CLI dan cari posisi file tersebut
5. Ubah kepemilikan dari file tersebut dengan perintah:

#chmod 766 unetbootin-linux-377

6. Kemudian, ketikkan perintah ini untuk menjalakannya:

#./unetbootin-linux-377

Berikut skrinsutnya didesktop saya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar