Senin, 25 Januari 2010

Instalasi Google Chrome di Fedora 12

Ini saya tulis sehubungan dengan error yang sering terjadi pada browser mozilla yang terinstall di Fedora saya. Saya hampir frustasi dengan keadaan itu. Bagaimana tidak?? Setiap saya mengakses mozilla, selalu dimunculkan pesan error, stop script n semacam itulah (maaster linuxer mungkin tahu kenapa ini terjadi, mohon pencerahannya). Kemudian saya berpikir untuk mencari browser alternatif. Saya ingat Chrome. Dan darisanalah saya mencoba menginstallkan Chrome di Fedora saya ini :)

Tanpa berpanjang lebar lagi, saya langsung saja ke inti masalah, yaitu menginstal Chrome di Fedora 12 Constantine. Pertama:

1. Bukalah terminal!
2. Buatlah file berikut ini untuk membuat chromium.repo di dalam direktori /etc/yum.repos.d

# gedit /etc/yum.repos.d/chromium.repo

kemudian tambahkan ini kedalam file tersebut:

[Chromium]
name=Chromium Packages
baseurl=http://spot.fedorapeople.org/chromium/F12 -----> F12 sesuai dengan versi Fedora
enabled=1
gpgcheck=0

Jika sudah, silahkan simpan!

3. Kemudian anda tinggal menginstalkan Chrome dengan perintah:

# yum -y install chromium

4. Tunggu hingga proses download selesai :)

Namun jika muncul pesan security dari SELinux (Chromium anda tidak akan mau terbuka), bukalah System | Administration | SELinux Management kemudian disable pada bagian Status | System Default Enforcing Mode. Semoga sukses :)

2 komentar:

  1. google chrome itu lain dengan chromium lo...

    BalasHapus
  2. wahaha gk tau yah...
    tapi tampilannya emang mirip koq dengan chrome :))
    disitusnya juga saya dapat begitu (paket rpm yg terdownload) & tutorial yang saya baca di forum fedora hehe
    (habisnya, terlalu terbiasa make mozilla, ni instal chrome jg berkat artikel di blog mu:)

    BalasHapus