Selasa, 12 Januari 2010

Instalasi Windows via USB dan Masalah yang Menyertainya

Sebenarnya, saya sedikit malas untuk menulis hal ini. Tetapi, tidak ada salahnya untuk berbagi sekelumit cerita yang sudah terjadi ini. Peristiwa ini berawal dari teman yang kebingungan menginstal OS Windows di laptop Dell Inspiron Mini miliknya. Tidak tersedianya DVD/CD Drive menyebabkan harus putar otak dan mengakalinya.
Solusi yang saya berikan adalah menginstal lewat USB. Masalahnya adalah minimnya informasi tentang ini. Cukup gagah memang jika bisa instal Windows via USB. Secara, teknik ini identik dengan Linux. Ini juga membuktikan kalau Windows juga plagiator dari Linux. (Sama seperti security dari Vista yang meniru Linux dan akhirnya gagal).
Setelah beberapa hari browsing, akhirnya teman saya menemukan sebuah aplikasi yang bernama NoviCorp WinToFlash. Saya tidak tahu persis diamana teman saya mendownloadnya. Cari di google, wokeh?? :P
Instalasinya cukup mudah. dan beberapa saat kemudian, terinstallah Windows tersebut di laptopnya. (padahal sebelumnya eksis Linux Mint Helena). Masalah muncul setelah ini. Ketika teman saya tersebut menginstal aplikasi MS Office 2007 (Bajakan Version). Dia bertanya kepada saya dan saya memang tidak tahu menahu tentang hal itu kenapa seperti itu.
Setelah beberapa hari,akhirnya terjawab sudah apa penyebabnya. Ternyata, masalahnya adalah tidak tersedianya file fp4autl.dll. File itu sendiri sebenarnya sudah tersedia pada folder 1386 (CD WinXP) dalam file FP40EXT.CAB. anda hanya wajib mengambil 1 file yakni fp4autl.dll.
Masalah akan teratasi dengan memasukkan sebuah file ke C:\Program Files\Common Files\Microsoft Shared\web server extensions\40\bin yakni file fp4autl.dll. Setelah file ini tercopy, maka selamat anda sudah bisa memakai MS Office 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar