Jumat, 12 Februari 2010

Instalasi Kismet dan Konfigurasinya pada Asus K40IN serta Ubuntu 9.10

Apa itu Kismet?? Mungkin tools ini masih asing bagi sebagian dari kita yang baru belajar tentang OS Linux. Tapi dikalangan hacker, ini sudah menjadi konsumsi mereka setiap hari. Hari ini saya mencoba mengulas tentang tools ini. Mohon maaf jika ada kekurangan :)
Inspirasi saya mengenai Kismet ini terlintas ketika secara tidak sengaja melihat aplikasi Netstumbler yang running di OS Windows. Tools ini sendiri adalah tools untuk mengecek dan mengukur kekuatan sinyal dari sebuah wireless. Bagi hacker, tools ini berfungsi untuk melalukan sniffing dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi situs ini.
Langsung saja, untuk menginstallnya di OS Ubuntu anda, perhatikan dahulu, apakah interfaces wireless anda didukung oleh Kismet :) cek disitusnya OK?? Jalankan perintah ini di terminal:

$ sudo apt-get install kismet

Tunggu sampai proses instalasi selesai. Kemudian jika sudah terinstal, editlah file konfigurasinya di /etc/kismet/kismet.conf

$ sudo pico /etc/kismet/kismet.conf

Pada bagian "# YOU MUST CHANGE THIS TO BE THE SOURCE YOU WANT TO USE" gantilah opsi source-nya menjadi :

source=ath5k,wlan0,yanix

Ingat! ath5k adalah driver wireless Asus K40IN saya. Untuk driver wireless interfaces anda, tentukan sendiri dengan perintah:

# lshw -C network

sedangkan yanix adalah user anda sendiri :)

Untuk menjalankannya, gunakan perintah:

$ sudo kismet

Untuk keluar dari aplikasi tersebut, tekan tombol Q. Nah, untuk saat ini, wireless interface anda belum bisa dipakai, kenapa?? karena menurut master-master saya, wireless interfaces anda sedang di monitoring oleh kismet. Untuk mengembalikannya dari mode monitoring ke mode manage, gunakan perintah berikut:

# ifconfig wlan0 down
# iwconfig wlan0 mode manage
# ifconfig wlan0 up

Tunggu beberapa saat sampai wireless interface anda mulai normal hehe.

credit to: Priyo-atmojo dan Ewlight. Thanks for sharing... :D

1 komentar: