Minggu, 07 Februari 2010

Tuning Gitar Menggunakan gtkGuitune

Belum pernah terpikir oleh saya jika beragam aplikasi hebat berjalan di Linux dan tentu saja tidak kalah hebat dengan software berbayar. Setelah sebelumnya puas dengan aplikasi Audacity untuk merecord suara gitar saya, kali ini ada satu aplikasi yang bernama gtkGuitune yang fungsinya adalah untuk menyetel suara gitar atau istilahnya tuning gitar.

Aplikasi ini tergolong simpel dan mudah digunakan. Anda tinggal menghubungkan gitar anda ke komputer dan menjalankan aplikasi ini. Selanjutnya, anda tinggal menekan los senar gitar anda dan perhatikan perubahan huruf yang terjadi di aplikasi gtkGuitune anda. Sebagai contoh, jika anda ingin menyetel senar gitar no 1, perhatikan perubahan dan atur ketegangan senar anda hingga menyentuh huruf E (untuk tuning standar). Saya kira, untuk yang belum tahu tuning gitar standar, berikut saya berikan nadanya:

Senar gitar 1 bernada E
Senar gitar 2 bernada B
Senar gitar 3 bernada G
Senar gitar 4 bernada D
Senar gitar 5 bernada A
Senar gitar 6 bernada E

Ingat!! tuning dilakukan dari senar paling bawah (senar no 1) naik keatas (senar no 6). Btw, koq malah jadi tutorial musik yah? hehe

Nah, untuk menginstal aplikasi ini, cara paling simpel tanpa perlu masuk ke terminal adalah melalui fasilitas Ubuntu Software Centre yang sudah ada di menu Ubuntu anda. Tinggal anda cari di bagian Sound and Video pada menu Ubuntu Software Centre :) Disana juga terdapat ratusan software yang tinggal anda install.
Berikut skrinsut ketika saya menyetel gitar dengan tuning turun 1 nada :


Kalaupun anda merasa perlu untuk mengetahui perintahnya melalui terminal, ketikkan:

# apt-get install gtkguitune

Ok??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar