Kamis, 18 Februari 2010

Bitnami LAMPStack

Ini adalah aplikasi yang bagus bagi anda yang menginginkan aplikasi apache, mysql untuk pemrogaman PHP ada dalam satu paket. Kalau di OS Windows hampir mirip dengan XAMPP (meski XAMPP versi linux juga ada dan LAMPStack versi Windows juga tersedia). Umumnya, jika sudah terbiasa dengan linux, biasanya kita menginstall satu-satu paket seperti apache, mysql serta library pendukungnya. Tidak jarang juga, kita yang sama sekali belum menyentuh pemrogaman PHP di linux akan sedikit mengalami kendala. (walaupun sebenarnya telah terinstall di direktori /var/www jika kita menginstal paket tersebut satu persatu)

Untuk proses instalasi Bitnami LAMPStack ini tidaklah begitu sulit. Pertama, downloadlah paket tersebut di sini . Kemudian jika paket bin tersebut telah terdownload, bukalah terminal. Pada terminal, tentukan direktori tempat anda mendownload file tersebut. Jika sudah, ketikkan perintah berikut (kebetulan saya memakai bitnami versi ini : bitnami-lampstack-1.2-0-linux-installer.bin)

# ./bitnami-lampstack-1.2-0-linux-installer.bin

Tunggu sampai muncul window untuk proses instalasinya. Tinggal klik next/forward. Tentukan di direktori mana anda menginstallnya (kalau saya di direktori /opt )Pada saat muncul window untuk mengisikan password mysql, buatlah password yang mudah diingat oke? Kemudian lanjutkan instalasi.
Jika instalasi sudah selesai, cobalah buka melalui browser dengan mengetikkan http://localhost:8080 kemudian enter. Anda akan menemukan halaman index dari LAMP sudah terload. Untuk masuk ke mysql (PMA=PHPMyAdmin), ketikkan : http://localhost:8080/phpmyadmin dan masukkan username "administrator" dengan password yang sudah anda buat sebelumnya pada saat proses instalasi.
Untuk menghentikan service dari apache ataupun mysql, pertama, masuklah ke direktori instalasi LAMPStack anda. Kemudian ketikkan perintah:

# ./ctlscript.sh stop apache
# ./ctlscript.sh stop mysql

Untuk memulai service apache ataupun mysql, gunakan perintah:

# ./ctlscript.sh start apache
# ./ctlscript.sh start mysql

Untuk merestart service, gunakan perintah:

# ./ctlscript.sh restart apache
# ./ctlscript.sh restart mysql

Jika anda hanya melakukan coding saja tanpa menggunakan database mysql, anda cukup memakai service apache saja :)

Maaf untuk mastahhh yang membaca artikel ini. Terlalu banyak kekurangan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar