Minggu, 07 Februari 2010

Ripping Kaset Pita dan Recording Audio di Linux

Ketakutan terbesar saya setelah menginstall linux adalah tidak bisanya saya untuk mengedit dan merecording maupun meripping koleksi kaset pita musik-musik underground koleksi saya :) Sebelumnya, 2 tahun yang lalu saya masih memakai OS Windows Bajakan Version untuk merekam suara gitar dan bass saya dan juga meripping kaset koleksi saya. Waktu itu, saya memakai perangkat lunak Audacity & JetAudio. Ketika itu, komputer Pentium III saya sudah triple boot dengan Mint dan Knoppix. Kenapa saya takut?? Sebab sebelumnya, sebelum saya menginstall Mint dan Knoppix, eksis sebelumnya adalah Mandrake Linux 10. Disana juga tersedia software Audacity yang saya fungsikan untuk merecording suara gitar dan bass saya. Hasil rekamannya sungguh mengecewakan. Banyak noise dan terputus-putus :( Kemudian di mint juga saya coba dan hasilnya sama.
Tapi sekarang tidak lagi! Setelah kemarin saya pulang kampung, saya mencoba kembali bergelut dengan perangkat lunak tersebut. Kali ini saya memakai Ubuntu 9.10 dan tetap dengan Audacity yang kali ini minus JetAudio. Pertamanya agak noise pas saya mencoba merekam dari tape recording butut saya. Setelah utak-atik setingan audio input dan mengatur volumenya, saya mencoba merekam lagi. Dan wow.. hasilnya hampir sama seperti ketika saya merekam di Windows dulu :) Kemudian saya coba lagi dengan gitar saya. Dan hasilnya juga lumayan. Di Audacity, kita bisa merekam alat musik kita tiap track-nya. Artinya, kita dapat menggabungkan beberapa suara alat musik kita menjadi satu sama seperti kita mendengarkan hasil recording lagu utuh.
Tapi tetap seperti pepatah lama bilang "Kualitas menentukan hasil". Jadi untuk kualitas terbaik, gunakan juga perangkat keras yang bermutu juga hehe. Dan juga, untuk kualitas terbaik, tetap gunakan soundcard yang bagus (meski di laptop saya onboard).
Berikut skrinsut didesktop ketika saya merekam melalui audacity dan link sampel hasil rekaman saya memakai Audacity (hasil rekaman memakai gitar dan bass dan direkam per-track).



Untuk teknik merekamnya, seperti ini:

1. Komputer dengan soundcard (Laptop juga bisa seperti saya hehe)
2. Audacity
3. Kabel Audio (menghubungkan soundcard dengan komputer atau laptop dengan tape)
4. Tape dengan input/ouput channel dan colokan untuk mic jika ingin merekam suara alat musik

Meripping kaset analog

Yang anda perlukan adalah kaset yang akan diripping dan peralatan diatas. Pastikan juga, head dari tape recorder anda bersih untuk menjamin kejernihan suara yang akan direkam. Pada Audacity, anda dapat dengan mudah mengetahui tombol mana untuk record dan mana stop (haha dicoba dulu OK??)

Merekam alat musik

Sama seperti diatas, tapi dengan tambahan kabel jack yang dihubungkan dengan alat musik kita dan tape (sama seperti kabel yang dipakai gitar dan bass di studio musik). Berikut sampel rekaman sederhana dari Audacity :

*maaf dengan kualitas permainan saya dan alat-alat murah yang saya pakai, but at all lumayanlah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar