Kamis, 04 Februari 2010

Instalasi Driver nVidia GeForce G102M Pada Ubuntu Karmic

Sebenarnya, instalasi ini tidak murni dilakukan di Ubuntu Karmic, tapi pada linux SuperOS. Masalah seakan tidak ada ketika pertama install Karmic "SuperOS" terhadap driver-driver audio, tapi ketika mencoba mengenable efek desktop, ternyata tidak bisa. Tapi itu bukan penghalang. Dengan memanfaatkan koneksi inet gratis dikampus, saya mencari solusinya. Berbekal Asus K40IN dan kabel straight (untuk mendapat koneksi maksimal daripada wireless), saya pun mencolokkannya ke swicth di Ruang Asslab. Tanpa ba-bi-bu langsung saja browsing ke situs nVidia dan menemukan drivernya disini. Silahkan didownload & sesuaikan dengan sistem & versi yang anda pakai :) Saya sendiri memakai linux 32 bit & VGA seri 100M.

Langsung saja buka terminal dan untuk mempermudah, letakkan hasil downloadan di direktori /home/user/Download. Pada terminal loginlah menggunakan super user & ketikkan perintah:

# /etc/init.d/gdm stop

Jangan terkejut dengan tampilan dos prompt-nya yah?? hehe (not for geek hehe) Loginlah menggunakan user anda dan tetap gunakan super user. Kemudian, installkan driver yang sudah didownload tersebut. Tapi ingat, tentukan dulu posisi driver tersebut. Ketikkan perintah berikut untuk menginstal:

# sh NVIDIA-Linux-x86-190.53-pkg1.run

*sesuaikan nama driver dengan versi yang didownload.

Jalankan sesuai petunjuk yang muncul. Ketika sudah finish, aktifkan lagi Gnome Desktop Manager anda.

# /etc/init.d/gdm start

Dan selamat. Anda dapat menikmati efek grafis dan menggunakan resolusi yang lebih menyejukkan :D (maaf kata-katanya hancur, ini ditulis disaat banyaknya noise di Front Office ndan kosentrasi mudah buyar). Maaf tidak bisa menampilkan skrinsutnya hehe. Just try it!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar