Kamis, 18 Juni 2009

Scammer Gunakan Fitur Searching pada Twitter dan Google

Memang mengesalkan. Apalagi kalau yang Anda hadapi adalah Scam dan Hoax dimana keduanya hanyalah berita bohong yang ada di internet, tentu ketika Anda tertipu dan menanggapi serius berita ini dan akhirnya Anda tau berita tersebut tidak benar faktanya tentu akan sangat kesal. Tapi sepertinya hal semacam ini akan ada terus di dunia maya bahkan untuk web sekelas Twitter dan Google pun kena juga.

Scam mentargetkan pengguna untuk melihat topik populer di Twitter dan Google dan menavigasikan pengguna ke website yang ternyata merupakan website tipuan yang mengatakan bahwa website tersebut menjual antivirus PandaLab, hal ini terjadi pada Rabu lalu (03/06/09).

Ini memang bukan teknik baru, tapi sepertinya kesuksesan Google dan Twitter dimana membiarkan penggunanya memberikan link yang menavigasikan pengguna ke website tertentu ternyata menjadi serangan empuk bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau dilihat dari gambar di atas, menunjukkan betapa banyaknya Scam yang ditaruh pada website Twitter dan mengacu dengan topik “PhishTube Broadcast” dimana setelah pengguna mengklik salah satu dari link tersebut maka akan dilempar kepada halaman website gadungan yang sudah disusupi malware.

Hal ini juga sedang dilakukan riset di Google dimana menggunakan keyword Microsoft dan Project Natal yang baru-baru ini dibicarakan secara massal. Bisa saja dengan isu bohong yang tadinya pengguna ingin mendapatkan informasi dari kedua keyword tersebut justru malah masuk ke website gadungan yang siap infeksi korbannya dengan virus. Wah, alangkah mengesalkan sekali kalau ternyata kita mengalami hal tersebut. Alih-alih mendapatkan info yang kita cari, kita malah mendapatkan hadiah virus yang mengganggu kinerja komputer kita. Nah, mungkin salah satunya Anda harus berhati-hati dengan hal semacam ini, paling tidak jangan mudah percaya dengan isu internet yang ternyata malah mengacu ke halaman website gadungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar