Kamis, 25 Juni 2009

MySpace versus Facebook, Lagi








MySpace CEO, Chris DeWolfe mengeluarkan pernyataan bahwa MySpace akan meningkatkan strategi pemasaran agar dapat bersaing dengan Facebook.

MySpace, yang turut mendirikan DeWolfe sebelum dijual ke News Corp (NWS), telah mendapatkan tekanan lebih besar dari pers akhir-akhir ini. Kunci kesuksesan dari bisnis website jejaring sosial adalah jumlah pengguna aktif, dan saat ini Facebook digandrungi oleh ratusan juta pengguna ketika MySpace sedang dalam tahap belum diupgrade, dan rumor yang tersebar saat ini mengabarkan bahwa Google tahun depan akan memindahkan 40% saham periklanan dari MySpace ke Facebook.

Itulah alasan kenapa DeWolfe ingin mengupgrade fitur-fitur dari MySpace. Chris mengatakan bahwa di MySpace akan diijinkan penjualan tiket konser musik dan lain-lain sekitar 18,1 juta musik. Selain itu akan ada fitur bila Anda ingin melakukan jual beli secara online dengan teman Anda. “Menyedihkan bila Anda tidak berada di MySpace sebulan dari sekarang”, lansir dari Chris DeWolfe.

Tim DeWolfe sendiri akan lebih memfokuskan diri untuk menambah fitur baru ketimbang menarik pengguna baru untuk mendaftarkan dirinya. “Saya tidak tahu profibilitas dari Facebook, tapi jika saya bisa memiliki 300 juta pengguna MySpace yang saling menguntungkan, baru saya akan mengambil keuntungan.”

Saat ini dapat diketahui bahwa Facebook mampu mengungguli MySpace dengan kuantitas pengguna sebesar 236 juta pengunjung di bulan Januari 2009. Sedangkan MySpace sendiri memiliki trafik sebesar 126 juta pengunjung. Namun lagi-lagi, pengguna MySpace dalam berkunjung rata-rata 266 menit dibanding Facebook sekitar 176 menit. menurut ComScore Media Metrix. Hal ini bisa dianalisa, bahwa pengunjung lebih lama berkutat dengan MySpace dan akan lebih lama pula untuk melihat iklan yang ada pada website tersebut. Dan inilah yang ingin ditingkatkan oleh MySpace.

Lebih lanjut, DeWolfe merencanakan untuk pengembangan mobile MySpace yang nantinya akan menampung iklan juga. Sementara itu, MySpace Music adalah percobaan “dengan lima atau enam hal”, termasuk sebuah radio layanan bagi penggunanya. Courtney Holt mengatakan ” Semua yang kami lakukan sekarang adalah berfokus dalam menghasilkan pendapatan, Kami sudah punya audiens yang sangat besar dan kami berniat untuk menghasilkan keuntungan bagi penggunanya.” (beritateknologi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar