Jumat, 05 Maret 2010

Mengembalikan Grub Ubuntu 9.10

Seperti biasanya, setelah kita menginstal ulang kompie maupun lappie kita yang sebelumnya terinstall OS Linux, maka grub dari OS tersebut akan tertimpa bootloader dari OS yang baru saja kita install. Di kasus ini, teman saya baru saja menginstall Windows 7 Professional (dan tentunya bukan ori melainkan hasil unduhan hehe -dasar).
Kasusnya, sebelumnya sudah terinstall Windows 7 Home Edition dan Ubuntu Karmic. Tapi karena tidak puas akan kinerja ataupun lisensi yang sepertinya membuat Windows 7 yang ada di lappienya menjadi agak "aneh". Maka diputuskanlah untuk mengunduh Windows 7 Professional yang baru plus serial numbernya. (duh..)
Nah, akhirnya kebingungan terjadi setelah Windows 7 tersebut terinstall. Teman saya tidak bisa login ke mesin Ubuntu-nya. Akhirnya, diapun minta bantuan ke saya untuk menanganinya. Jujur, sebelumnya saya belum pernah mengalami hal ini karena di lappie saya hanya ada Ubuntu Karmic dan Fedora Constantine :))
Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut cara yang mesti anda lakukan untuk menyelamatkan grub anda:

1. Siapkan CD Ubuntu Live ataupun Ubuntu USB Live anda
2. Lakukan booting dari Ubuntu live
3. Setelah masuk ke Ubuntu live, bukalah terminal dan login sebagai root
4. Cek list ketersediaan hardisk di lappie anda dengan perintah:

# fdisk -l

5. Lakukan mount untuk partisi tempat ubuntu anda berada. Dikasus ini, teman saya menginstal ubuntunya di drive /dev/sda6

# mount /dev/sda6 /mnt/
# mount -t proc proc /mnt/proc/
# mount -t sysfs sys /mnt/sys/
# mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
# chroot /mnt /bin/bash

6. Setelah termount, kemudian kita kembalikan grub ke MBR dengan perintah:

# grub-install /dev/sda

7. Sekarang kita kembalikan grub ke partisi linux-nya

# grub-install /dev/sda6

Kemudian lakukan restart sistem linux anda :)

Dan selamat, bootloader linux anda telah kembali. Maaf tanpa skrinsut, tapi ini sukses saya lakukan di lappie teman saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar