Senin, 29 Maret 2010

Install Ubuntu 8.04 LTS Server + GUI

Setelah kejadian komputer yang saya fungsikan sebagai server lokal tiba-tiba rusak (katanya sih power supplay perlu diganti) saya berpikir untuk mencari tumbal baru sebagai server. Sebelumnya, di PC tersebut terinstall LinuxMint 7 Gloria. Semua baik-baik saja sebelum tiba-tiba restart sendiri dan mati :(
Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya salah satu komputer di Lab B yang lama tidak dipakai karena OS-nya rusak berhasil saya amankan (sebelumnya terinstall Windows XP SP2). Tanpa berpikir panjang, saya pun berniat merubahnya menjadi PC Server. Tapi masalah terjadi karena saya tidak punya OS Server. Saya yang sudah terbiasa dengan Ubuntu pun mulai berburu Ubuntu Server LTS untuk mendapatkan support lebih lama (Saya sebenarnya punya Ubuntu Server 9.04 dan 9.10 hehe). Tapi pilihan saya tetap jatuh ke Ubuntu 8.04 LTS Server dengan berbagai pertimbangan :)
Begitu Ubuntu 8.04 LTS Server terunduh, saya siap membakarnya dengan sudah menyiapkan CD Blank hasil todongan dari mahasiswa yang meminta software. Tanpa ba-bi-bu saya langsung berangkat ke lab bersama anak training menginstall Ubuntu Server tersebut.
Instalasi Ubuntu Server tidak jauh berbeda dengan instalasi versi desktop tetapi Ubuntu Server berbasis teks dan itu bukan halangan. Setelah beberapa lama, instalasi pun selesai saya lakukan sambil mengajari anak training. Saya tambahkan aplikasi FTP Server, Samba Server, dan SSH Server. Untuk aplikasi yang lain, menyusul karena tidak begitu diperlukan saat itu setelah instalasi.
Tapi ketika mencoba memonitoring server menggunakan GUI, saya menemui masalah karena secara default, Ubuntu Server tidak menyertakan GUI. Pernah saya berpikir untuk melakukan perintah $ sudo apt-get install ubuntu-desktop tapi tidak jadi saya lakukan karena terkesan janggal dan aneh. Jikalau itu saya lakukan bukankah malah akan menghapus Server dan menginstall Desktop?
Kecurigaan saya berdasar dan berdasarkan petunjuk dari Buku Ubuntu Administration Server pun tidak menganjurkan menggunakan opsi seperti itu. Nah kalau dirasa perlu menginstalkan GUI di Server, gunakan baris perintah berikut:

$ sudo apt-get install xserver-xorg xfonts* gnome gdm

Perintah tersebut secara otomatis akan menambahkan aplikasi pendukung untuk GUI pada komputer server anda. Instalasi akan memakan cukup waktu bagi bandwidth yang rendah. Setelah terinstal, saya pun bebas menguasai server ini melalui koneksi FTP, SSH maupun RDC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar