Senin, 20 Juli 2009

Kontroversi Rumor Hadirnya Video Player Pada Wikipedia

Siapa tak kenal nama besar Wikipedia? Sarana online tersebut menyuguhkan Anda berbagai informasi yang diatur dengan cukup rapi, hal yang serupa yang dapat Anda temukan dalam ensiklopedia, namun wikipedia menyajikan data yang lebih komplit dengan navigasi yang cukup bagus ke sumber-sumber yang terpercaya. Apalagi dengan kemudahan yang bisa didapatkan dengan fitur pencarian, Anda tentunya dalam waktu yang cepat dapat menemukan informasi yang relevan sesuai dengan keinginan Anda.

Beberapa waktu yang lalu, dikabarkan pada sebuah interview yang dilakukan oleh pihak Beet.TV kepada Erik Moller, yaitu seorang direktur dari Wikimedia Foundation, mengatakan bahwa nantinya Anda akan menemukan sebuah fitur baru pada ensiklopedia online tersebut, hal yang dimaksudkan ini tentunya hanya akan Anda temukan pada Wikipedia dan nantinya para pengguna akan dapat menggunakan fitur baru ini untuk mengupload, mengedit dan menampilkan video pada halaman Wikipedia.

Sebenarnya ini memang bukan hal yang terlalu baru, karena Wikipedia sudah memulainya sejak beberapa tahun yang lalu untuk melakukan penelitian mengenai video ini. Moller sendiri mengatakan bahwa Wikipedia masih berencana untuk menggunakan Ogg Theora, sebuah codec video yang sifatnya open-source dan dapat dimainkan menggunakan browser versi terbaru dari Firefox, yang nantinya juga akan bisa digunakan pada Chrome dan juga Opera) selain itu nantinya juga akan dimunculkan fitur untuk mengkonversi video menggunakan format yang berbeda jadi tidak ada software baru yang khusus digunakan pada Wikipedia nantinya. Solusi ini sendiri nantinya akan didapatkan pengguna dari penggunaan FireOgg, yang merupakan plug-in khusus pada Firefox yang dapat mentransformasikan video pengguna menjadi format Ogg Theora.

Tapi ada kabar lain dari rencana tersebut, yaitu dengan gagasan baru ini bukan tidak mungkin akan mengurangi kecepatan loading dan performa dari Wikipedia sendiri. Codec sendiri merupakan modul untuk dapat encode dan decode audio dan video dan tentu ini akan sangat berpengaruh pada ukuran dan kualitas dari video tersebut. Seperti yang kita tau, Wikipedia sendiri merupakan website yang sangat besar dan sangat populer dengan begitu banyak data, tentunya dengan kehadiran video player ini masih amat dipertanyakan apakah nantinya ini akan merugikan atau menguntungkan bagi pengguna, karena tentu kecepatan akses sangat berpengaruh besar bagi website itu sendiri.

Dari informasi yang tersiar bahwa ada perbedaan dengan Ogg Theora yang sudah dibundel pada browser ini, selain video bisa diunduh, remix ulang dan diupload kembali tanpa bayaran untuk lisensinya, selain itu juga banyaknya penggunaan hardware yang masa kini justru lebih cocok dengan metode yang digunakan H.264 sehingga mengurangi tenaga ketika memproses video tersebut atau ketika sedang memainkannya. Selain itu segi kualitas sendiri masih kalah jauh dari yang dihasilkan dengan penggunakan metode H.264. Hmmm, apakah nantinya fitur ini akan benar-benar digunakan pada Wikipedia dengan menggunakan Ogg Theora? Kita tunggu saja kabar selanjutnya ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar