Kamis, 30 Juli 2009

FileZilla FTP Client

Bagi yang sudah akrab dengan software coreFTP ataupun cuteFTP dan yang lainnya, FileZilla FTP Client pasti biasa-biasa saja. Namun yang membuatnya berbeda adalah instalasinya di OS Linux. Saya masih ingat dulu ketika ada teman (dari asslab juga) memakai coreFTP dengan bantuan wine. Hmn.. bisa sih jalan dan normal-normal saja. Tapi tentu saja itu tidak efektif. Setelah lihat-lihat di CentOS, ternyata ada paket yg bernama FileZilla FTP Client (ketahuan katroknya yah??). Yang tentu saja utilitas dan kegunaannya tidak jauh berbeda dengan coreFTP ataupun yang lainnya.

Untuk proses instalasinya pun tergolong simple. Kebetulan karena saya disini memakai LinuxMint 7 (sebelumnya terinstal Linuxmint 4), jadi proses instalasinya bisa dicoba dengan membuka situsnya sendiri di: http://www.linuxmint.com/software . Disana ada banyak software yg siap diinstall dengan hanya mengklik perintah install saja.

Setelah halaman tersebut terbuka, kemudian pilihlah code name sesuai dengan versi LinuxMint yang anda pakai. Untuk LinuxMint 7 adalah Gloria. Klik Gloria. Setelalah itu, di Software Categories pilih Internet. Disana akan muncul lagi pilihan. Untuk menginstal FileZilla FTP Client, pilihlah FTP. Pilihlah dan install. Ikuti petunjuk instalasinya dan tunggu (instalasinya sangat simple).

Untuk pemakai Ubuntu, instalasinya cukup dengan mengetik perintah dibawah ini (tentu saja harus seijin root)

$ apt-get install filezilla

Tunggu dan jika sudah selesai, buka di: Application ---> Internet ---> FileZilla FTP Client.

Selamat mencoba...

Stay Legal w/ Linux
www.myspace.com/circleshine666
www.facebook.com/circleshine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar