Jumat, 05 November 2010

Akses Server Linux Anda Melalui Handphone

Mungkin ini hanya sebatas cara alternatif untuk dapat sewaktu-waktu mengecek keadaan server anda. Cara yang paling umum adalah menggunakan aplikasi ssh melalui barisan perintah di terminal atau konsole maupun putty melalui sistem operasi Windows atau Mac anda.
Sedikit sama menggunakan konsep seperti ini, untuk tipe handphone yang menggunakan Java, anda bisa mencoba aplikasi yang bernama "midpssh" untuk melakukan koneksi ssh langsung melalui hape anda. Sebenarnya, aplikasi semacam ini bisa juga ditemukan di handphone yang menggunakan OS seperti Symbian ataupun Android dan lain sebagainya.
Yang perlu anda lakukan adalah

1. Siapkan handphone berbasis Java ( disarankan menggunakan hp yang ber-WiFi )
2. Downloadlah file midpssh dari http://xk72.com/midpssh/downloadversion.php?version=1.6.0

Silahkan unduh versi yang anda inginkan. Saat tulisan ini dibuat, saya menggunakan yang versi stable http://xk72.com/midpssh/v1.6.0/midpssh-full.jar. Setelah terunduh, silahkan hubungkan hape anda kekomputer dan letakkan file tersebut di kartu memori anda.
Selanjutnya, anda masuk ke kartu memori anda dan lakukan instalasi sama seperti melakukan instalasi theme aplikasi atau semacamnya melalui hp anda. Setelah terpasang, silahkan anda lakukan test dengan menghubungi sebuah server yang sudah mempunyai ssh server. Pada bagian session, masukkan alias, username dan password server anda.

Selamat mencoba

3 komentar: