Sabtu, 15 Mei 2010

Dual Boot Slackware 13 dan Open Solaris serta Solusinya

Berawal dari keisengan saya pasca gagalnya saya melakukan instalasi Ubuntu Lucid (yang saya belum tahu kenapa penyebabnya),akhirnya laptop Asus K40IN saya pasangkan OS Linux dan Solaris. Linux pertama yang membuat saya ngiler mencobanya adalah Slackware dan untuk Solaris karena kebetulan saya pingin nyoba turunan Unix yang lain saya pilihkan OpenSolaris (Meski sebelumnya sempat berkali-kali nyoba install PCBSD dan nihil).
OK, karena Solaris agak sombong dan selalu ingin di partisi Primary, saya pasangkan OpenSolaris terlebih dahulu. Proses instalasinya gampang sekali tinggal sebelumnya anda mempersiapkan sebuah partisi khusus bertipe primary dengan filesistem ZFS atau sebuah partisi bertipe apa saja asalkan dia primary. Proses instalasinya tidak banyak menuntut apa-apa karena sebelumnya sudah saya persiapkan semuanya dengan bantuan DVD Slackware saya.
Sudah finish? Finishlah.. wong instalasinya gak susah kayak linux. Nah jika sudah, nikmati saja dulu deh desktop Gnome si OpenSolaris sepuas-puasnya. Jika sudah puas, nanti kita bahas masalah yang berkaitan dengan OpenSolaris di bagian lain :) Nah jika sudah, mari kita bertempur dengan distro Slackware!! Oh yeah!! I'm ready to rock baby haha
Instalasinya sama seperti distro yang lain sebenarnya. Tinggal kita sendiri apakah paham dengan proses instalasi yang melalui GUInya atau tidak. Jika itu sudah paham, niscaya instal apapun, mau mode text mau GUI pasti gampang :) OK, anggap sudah terinstal dengan baik dan sekarang saatnya anda reboot pasca instalasi. Mirip dengan tutorial dibawah jika mengalami kendala di sesi X nya.
Nah lo.. OpenSolarisnya ga nongol cuy!! WTH? Apakah anda yakin sudah menginstall ditempat yang benar atau malah anda menumpuk partisi tersebut dengan Slackware anda?? Ya sudah, masuk ke terminal di Slackware anda, pastikan dulu:

# fdisk -l

Sudah ketemu? Kalau di laptop saya, /dev/sda1 adalah Slackware sedang /dev/sda2 adalah OpenSolaris saya. Nah ini inti permasalahannya. Kita ingin mengembalikan OpenSolaris kita agar mau dibaca oleh lilo Slackwre anda. Caranya, ketikkan:

# nano /etc/lilo.conf

Tambahkan dibagian paling bawah:

other = /dev/sda2
label = OpenSolaris
table = /dev/sda

Kemudian save dan jalankan:

# lilo -v

Untuk membuktikannya, silahkan cek dengan:

# lilo -C /etc/lilo.conf

Jika tidak ada pesan error berarti tidak ada masalah dan anda sudah bisa mendapatkan Slackware dan OpenSolaris anda.


credit to: priyo-atmojo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar